MENU Minggu, 16 Jun 2024

Profil Yolla Yuliana, Atlet Voli Populer yang Berprestasi

waktu baca 4 menit
Sabtu, 25 Mei 2024 08:59 0 338 slainanatsyasiregar

Yolla Yuliana adalah atlet voli Indonesia yang menyita perhatian pencinta bola voli karena prestasi yang diraihnya sepanjang karier. Yolla sudah mengawali karier bola volinya sejak usia 12 tahun dan masih aktif bermain di Proliga 2023 hingga saat ini.

Selain itu, Yolla dikenal sebagai atlet yang memiliki popularitas di luar lapangan. Bahkan, Yolla pernah membintangi film layar lebar sebagai kameo dan beberapa kali muncul sebagai bintang tamu di program televisi hingga siniar.

Lantas, tidak sedikit warganet yang penasaran tentang profil Yolla Yuliana dan perjalanan kariernya. Ketahui selengkapnya di bawah ini!

1. Biodata Yolla Yuliana

Profil Yolla Yuliana, Atlet Voli Populer yang BerprestasiYolla Yuliana, atlet voli Indonesia (instagram.com/yollayuliana1515)

Yolla Yuliana merupakan atlet voli kelahiran Bandung, Jawa Barat pada 16 Mei 1994. Pemain voli setinggi 180 cm ini telah membela beberapa klub sepanjang kariernya. Mulai dari Bogor Prayoga Unitas, Jakarta Elektrik PLN, hingga Jakarta Pertamina Fastron. Yolla berposisi sebagai outside hitter hingga middle blocker dengan nomor punggung 15.

Menariknya, Yolla mengikuti jejak ibunya yang merupakan mantan pemain voli. Yolla sudah dikenalkan dengan olahraga voli oleh ibunya sejak duduk di bangku sekolah dasar. Kala itu, ibunya mendaftarkan Yolla untuk bergabung ke klub voli ALKO Bandung saat dia berusia 12 tahun.

Kehidupan pribadi Yolla juga tidak luput dari sorotan warganet. Yolla diketahui memiliki satu orang putra bernama Rumi yang merupakan hasil dari pernikahannya dengan mantan atlet badminton, Kaesar Akbar.

2. Perjalanan karier klub

Profil Yolla Yuliana, Atlet Voli Populer yang BerprestasiYolla Yuliana, atlet voli Indonesia (instagram.com/yollayuliana1515)

Profil Yolla Yuliana tidak akan lengkap tanpa membahas perjalanan kariernya. Karier bola voli profesional Yolla Yuliana bermula pada 2009 dengan debut bersama Bogor Prayoga Unitas. Yolla langsung menunjukkan kualitasnya dengan tampil cemerlang selama semusim.

Dengan cepat, Yolla langsung direkrut oleh Jakarta Elektrik PLN pada musim berikutnya atau tahun 2010. Meski sering menjadi pemain cadangan, Yolla tetap sukses menunjukkan kualitasnya di dalam lapangan. Hasilnya, Yolla cs berhasil menjuarai Proliga 2014.

Namun pada Proliga 2017, Yolla memutuskan mundur dari Jakarta Elektrik PLN sebelum putaran kedua dimulai. Alasannya dia ingin fokus menyelesaikan pendidikannya di Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Bagasasi.

Pada musim 2017/2018, Yolla kembali ke ajang Proliga dengan membela Jakarta BNI 46. Hanya bertahan semusim, Yolla kemudian pindah ke Bandung Bank BJB Tandamata. Kepindahannya itu pun tidak disia-siakannya. Yolla dan tim berhasil menjuarai Proliga 2022.

Setelah berhasil mengangkat trofi bergengsi bola voli nasional, Yolla pindah ke Jakarta Pertamina sejak 2023 hingga sekarang.

Lanjutkan membaca artikel di bawah

Editor’s picks

Karier Timnas Voli

Yolla Yuliana pertama kali dipanggil untuk membela tim nasional voli Indonesia sejak berusia 14 tahun. Saat itu, ia dipanggil untuk bermain di SEA Games. Namun, Yolla memilih mengundurkan diri karena merasa kaget dengan lingkungan baru di asrama atlet.

Bahkan, Yolla sempat dipanggil dua kali untuk bermain di SEA Games. Namun, dia juga mengundurkan diri dari dua kesempatan tersebut. Meski begitu, Yolla tetap diberi kesempatan untuk membela timnas setelah dirasa performanya lebih matang.

Hasilnya, Yolla berhasil membantu timnas voli Indonesia meraih perak dalam kejuaraan ASEAN Junior 2008. Selain itu, Yolla juga sukses mendapat medali perunggu SEA Games 2013 dan 2015 serta medali perak SEA Games 2017.

3. Prestasi dan penghargaan

Profil Yolla Yuliana, Atlet Voli Populer yang BerprestasiYolla Yuliana, atlet voli Indonesia (instagram.com/yollayuliana1515)

Dalam profil Yolla Yuliana juga akan mengulik daftar prestasi yang telah diraihnya. Sepanjang kariernya, Yolla Yuliana telah meraih sejumlah prestasi dan penghargaan individu. Berikut daftarnya:

  • Pemain Terbaik Kejurda antar Klub 2008
  • Medali Perak Kejuaraan Yunior ASEAN 2008
  • Juara Kompetisi IVOBA Senior 2010
  • Juara Kejurda Antar Klub 2010
  • Juara I Kejurnas Antar Klub 2010
  • Juara PORPROV Jawa Barat 2010
  • Runner Up Womens Youth Asian Championship 2010
  • Juara PON RIAU Provinsi Jawa Barat 2012
  • Medali Perunggu SEA Games 2013 dan 2015
  • Runner Up BSI voli proliga 2014 (MVPB) Manokwari Valeria
  • Medali Perak SEA Games 2017
  • Juara Proliga 2014 (Jakarta Elektrik PLN)
  • Juara Proliga 2022 (Bandung BJB Tandamata)

4. Populer di luar lapangan

Profil Yolla Yuliana, Atlet Voli Populer yang BerprestasiYolla Yuliana, atlet voli Indonesia (instagram.com/yollayuliana1515)

Yolla Yuliana dikenal sebagai atlet yang populer di luar lapangan. Pada 2017, Yolla pernah membintangi film layar lebar berjudul Seteru karya Hanung Bramantyo sebagai kameo.

Selain itu, Yolla juga kerap tampil sebagai bintang tamu di beberapa program televisi. Dia juga beberapa kali diundang untuk mengisi program siniar yang tayang di YouTube. Maka tidak heran kalau Yolla makin dikenal publik belakangan ini.

Itulah profil Yolla Yuliana dan perjalanan kariernya sebagai atlet voli profesional. Semoga kariernya semakin cemerlang, ya!

slainanatsyasiregar

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

LAINNYA