MENU Minggu, 14 Jul 2024

Wasit Ini Pimpin Belanda Vs Inggris, Pernah Dikritik Bellingham

waktu baca 2 menit
Senin, 8 Jul 2024 16:18 0 3 slainanatsyasiregar

Dortmund – Semifinal Euro 2024 antara Belanda vs Inggris akan dipimpin wasit asal Jerman Felix Zwayer. Zwayer adalah sosok kontroversial dan pernah dikritik Jude Bellingham.

Belanda vs Inggris jadi pttogel semifinal kedua Euro 2024 yang dihelat di Borussia Dortmund Stadium, Kamis (11/7/2024) dini hari WIB, atau sehari setelah duel Spanyol vs Prancis di Munich.

Ini jadi semifinal kedua beruntun Inggris di Piala Eropa setelah empat tahun lalu. Inggris sudah pasti ingin melaju lagi ke final untuk membayar lunas kekalahan dari Italia di 2021.

Namun, perjuangan Inggris bakal berat bukan saja karena Belanda adalah tim berkualitas, tapi juga wasit yang ditugasi UEFA, yakni Felix Zwayer. Wasit ini punya sejarah buruk terkait kasus suap di Jerman.

Dia pernah diskors enam bulan pada tahun 2005 karena ketahuan menerima suap 300 euro dari sesama perangkat pertandingan Robert Hoyzer, sebelum memimpin laga SV Wuppertal vs tim amatir Werder Bremen di Mei 2004.

Saat itu Zwayer diminta menguntungkan Wuppertaler. Setelah itu, kejadian kontroversi lainnya muncul usai Zwater memimpin laga Borussia Dortmund saat kalah 2-3 dari Bayern Munich tahun 021.

Bellingham kala itu mencak-mencak dan mengkritik Zwayer di sesi wawancara usai laga. Ini dikarenakan Dortmund tidak mendapat penalti di akhir laga dan malah dihukum penalti.

Kritik ini membuat Bellingham didenda cukup besar sekitar 40 ribu euro atau sekitar Rp 705 juta.

“Anda bisa lihat keputusan-keputusannya saat pertandingan. Ketika Anda mendapat wasit yang terlibat pengaturan skor, memimpin laga terbesar di Jerman, mau berharap apa?.”

Federasi Sepakbola Inggris (FA) menolak berkomentar soal penunjukkan Zwayer tersebut. Zwayer sudah tiga kali memimpin di Euro 2024, yakni Italia vs Albania, Turki vs Portugal, dan Babak 16 Besar Rumania vs Belanda.

Dia akan ditemani Stefan Lupp dan Marco Achmueller sebagai asisten.

Sumber Artikel : lintasindonesai.co.id

slainanatsyasiregar

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

LAINNYA