MENU Minggu, 16 Jun 2024

Ini Sebabnya Daging Babi Disebut Sebagai Daging Terenak

waktu baca 4 menit
Selasa, 21 Mei 2024 09:15 0 363 slainanatsyasiregar

Jakarta – Selain sapi dan ayam, beberapa orang juga sangat menyukai daging babi. Bahkan, menurut banyak orang, daging babi jauh lebih enak dari daging lain. Apa alasannya?
Daging babi menjadi salah satu jenis daging yang digemari banyak orang. Bahkan, di beberapa negara, seperti di Korea Selatan hingga China, daging babi telah menjadi asupan sehari-hari.

Ketika pergi ke restoran-restoran di negara tersebut, pengunjung bisa dengan mudah menemui menu daging babi. Menurut mereka yang pernah atau sering mengonsumsi daging babi, daging ini disebut juicy, lembut, dengan lemak yang gurih.

Selain karena rasa, harga daging babi juga jauh lebih terjangkau. Bisa menjadi alternatif yang bagus untuk menggantikan daging sapi mahal.
Meskipun banyak penelitian menunjukkan efek bahaya makan daging babi, tetapi masih banyak yang percaya terkait kandungan nutrisinya, seperti babi yang mengandung protein menyehatkan.

Menurut pork.org, secara alami daging babi juga rendah natrium dan merupakan sumber potasium yang baik. Kandungan itu bisa membantu mengatur tekanan darah.

Lantas, alasan apalagi yang membuat daging babi menjadi favorit banyak orang? Dirangkum dari pulse.com.gh (23/05), berikut ini beberapa alasannya.

1. Rasa dan kandungan lemak

Daging babi menawarkan kandungan lemak tinggi yang membuatnya semakin nikmat. Foto: Getty Images/iStockphoto/Paul_Brighton
Seperti yang disebutkan sebelumnya, banyak orang menyukai daging babi karena rasa dan kandungan lemak di dalamnya.

Daging babi punya rasa yang kaya dan gurih, diperkuat oleh kandungan lemak yang tinggi. Tidak seperti daging lainnya, sebagian besar lemak pada daging babi ada di dalam otot atau dibagian bawah kulit.

Lemak berwarna putih dan keras ini tidak hanya meningkatkan rasa, tetapi juga berkontribusi pada tekstur. Membuat daging babi lebih empuk dan kenyal saat dimasak. Serat-seratnya juga membuat daging babi lebih juicy saat dimasak,

2. Bisa dimasak dengan berbagai cara

Daging babi juga bisa diolah dengan berbagai macam cara masak. Foto: Getty Images/iStockphoto/Paul_Brighton
Keunggulan lainnya yaitu daging babi yang bisa dimasak serbaguna. Daging in bisa dimasak dengan cara dipanggang, ditumis, direbus, digoreng, sampai diasapi.

Daging babi beradaptasi dengan baik pada beberapa metode memasak. Daging ini juga cocok dalam banyak resep masakan global, mulai dari babi rica-rica khas Manado hingga iga babi yang dimasak dengan bumbu Spanyol.

Penasaran dengan alasan lain daging babi digemari? Bisa dibaca pada halaman selanjutnya!
3. Mengandung nutrisi bermanfaat
Daging babi dikenal sebagai sumber protein berkualitas tinggi, yang penting untuk pemeliharaan dan pembentukan otot.

Jenis daging ini juga kaya akan beberapa vitamin dan mineral penting. Mulai dari vitamin B (terutama B1, B6, dan B12), yang penting untuk berbagai fungsi fisiologis, termasuk untuk metabolisme energi.

Di dalamnya juga terkandung mineral penting, seperti fosfor, selenium, dan seng yang berfungsi dalam pemrtumbuhan dan permeliharaan sel dan jaringan, hingga peningkatan kekebalan tubuh.

4. Harga yang ekonomis

Harga daging babi juga lebih ekonomis daripada daging sapi. Foto: Getty Images/iStockphoto/Paul_Brighton
Daging babi umumnya punya harga yang lebih ekonomis. Ini karena babi lebih cepat dibudidayakan, dipasarkan, dan disembelih. Tingkat pertumbuhan babi lebih cepat dan bisa menghasilkan banyak keturunan. Sebagian besar induk babi hamil selama 16-17 minggu dan akan melahirkan setidaknya 10 ekor anak.

Babi juga memiliki tingkat efisiensi konversi pakan yang lebih tinggi daripada sapi. Hewan ini cenderung makan apa saja, Mereka dapat mengubah sebagian besar makanan yang masuk dalam tubuh menjadi berat badan.

Oleh karena itu, daging babi juga lebih banyak atau tebal daripada sapi. Alasan ini juga membuat daging babi dipilih sebagai makanan yang berkelanjutan, mulai dari sisi penggunaan sumber daya dan dampak lingkungannya.

5. Kaya akan kreatin
Daging babi merupakan salah satu sumber creatine alami terkaya. Senyawa ini penting untuk menyimpan energi dalam otot. Oleh karena itu, daging ini bermanfaat bagi atlet dan binaragawan yang ingin meningkatkan kinerja dan pertumbuhan otot.

Mengonsumsi daging babi juga bisa membantu meningkatkan kadar kreatinin dalam tubuh. Berpotensi meningkatkan kinerja fisik dan pemulihan otot usai berolahraga.

Sumber :

slainanatsyasiregar

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

LAINNYA