MENU Sabtu, 25 Mei 2024

Tinggal Selangkah Lagi bagi Olympiacos untuk Raih Titel Raja Athena

waktu baca 3 menit
Jumat, 10 Mei 2024 18:38 0 53 slainanatsyasiregar

– Satu tempat di babak final Liga Konferensi Europa musim 2023-2024 akhirnya menjadi milik Olympiacos.

Wakil Yunani tersebut berhasil mengalahkan Aston Villa 2-0 dalam laga leg kedua babak semifinal yang dipentaskan pada Jumat (10/5/2024) dini hari WIB.

Bintang kemenangan bagi tim berjulukan Thrylos dalam pertandingan yang dimainkan di Karaiskakis Stadium, Athena, adalah sang pemain depan, Ayoub El Kaabi.

Dia sukses mengukir brace dalam laga tersebut.

Ayoub El Kaabi telah menjelma sebagai monster yang menakutkan bagi lini belakang Aston Villa selama laga kandang dan tandang.

Pemain asal Maroko tersebut juga mencetak hattrick saat Olympiacos mengalahkan Aston Villa 4-2 pada perjumpaan pertama di Villa Park pekan lalu.

Berbekal 5 gol yang dibuat Ayoub El Kaabi, Olympiacos berhasil unggul agregat 6-2 atas Aston Villa untuk melangkah ke partai puncak Liga Konferensi Europa musim ini.

Bagi Olympiacos, keberhasilan mereka lolos ke final Liga Konferensi Europa merupakan kesempatan besar untuk menjadi Raja Athena.

Musim ini, Olympiacos awalnya bertarung di ajang Liga Champions.

Namun, bersama Panathinaikos, dua klub Yunani ini gagal mencapai fase grup dan harus turun kasta ke ajang Liga Europa.

Nasib baik juga belum memihak bagi Olympiacos di ajang Liga Europa.

Trio klub Athena yakni AEK Athens, Panathinaikos, dan Olympiacos gagal melangkah ke babak gugur Liga Europa.

Panathinaikos dan AEK Athens harus menyudahi kiprah mereka di Eropa musim ini usai hanya menjadi penghuni dasar klasemen babak penyisihan grup di Liga Europa.

Beruntung bagi Olympiacos yang masih menempati peringkat ketiga babak penyisihan grup sehingga menjadikan kiprah mereka belum usai di kompetisi antarklub Eropa musim ini.

Namun, wakil tersisa dari Negeri Para Dewa ini harus menjalani persaingan berikutnya di ajang Liga Konferensi Europa.

Di kompetisi ini, Olympiacos lolos ke babak 16 besar usai 2 kali menang dengan skor identik 1-0 saat bersua wakil Hongaria, Ferencvaros, dalam laga kandang maupun tandang di babak play-off

Tampil di babak 16 besar, Olympiacos sempat berada di ujung tanduk usai kalah telak 1-4 pada leg pertama meski bertindak sebagai tuan rumah bagi Maccabi Tel Aviv.

Keajaiban tercipta pada leg kedua ketika Ayoub El Kaabi dkk. bangkit untuk mengalahkan wakil Israel tersebut dengan skor mencolok 6-1.

Keunggulan agregat 7-5 menjadikan tim dengan seragam utama bergaris warna merah dan putih sukses menyingkirkan Maccabi Tel Aviv untuk tiba di babak perempat final.

Pada babak 8 besar, Olympiacos bertemu dengan tim tangguh asal Turki, Fenerbahce.

Berhasil mengalahkan Fenerbache 3-2 pada leg pertama yang digelar di kandang sendiri, Olympiacos ganti kalah 0-1 saat perjumpaan kedua tim dipentaskan di Sukru Saracoglu, Istanbul.

Drama adu penalti menjadi opsi terakhir untuk menentukan siapa yang berhak bermain di babak semifinal.

Keberuntungan kembali menyapa Olympiacos setelah unggul 3-2 dalam adu tos-tosan menghadapi Fenerbahce.

Usai menyingkirkan Aston Villa di babak semifinal, Olympiacos akan memainkan laga final Liga Konferensi Europa di negara mereka sendiri.

Final Liga Konferensi Europa akan digelar pada 29 Mei 2024 di Agia Sophia Stadium di kota Athena.

Olympiacos bertekad untuk menjadi klub Yunani pertama yang mampu mengangkat trofi kompetisi antarklub di Benua Biru.

Sejauh ini prestasi tertinggi wakil Yunani di kompetisi antarklub Eropa dipegang oleh Panathinaikos.

Salah satu tim asal Athena tersebut pernah merasakan atmosfer final Piala Champion pada tahun 1971.

Pada laga puncak Piala Champion yang digelar di Wembley Stadium saat itu, mimpi Panathinaikos untuk menjadi kampiun Eropa putus di tangan Ajax Amsterdam setelah kalah 0-2 di akhir pertandingan.

Olympiacos kini memiliki kesempatan besar untuk mengangkangi prestasi Panathinaikos dengan menjadi juara Liga Konferensi Europa.

Syaratnya Olympiacos harus mampu menaklukkan Fiorentina di Agia Sophia Stadium pada babak final mendatang.

Stadion untuk laga final mendatang merupakan markas dari AEK Athens, salah satu musuh besar Olympiacos di Liga Super Yunani.

Pesta juara di kandang rival sekota tentu akan menjadi kesenangan lainnya bagi Olympiacos dan para pendukung setia mereka.

slainanatsyasiregar

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

LAINNYA