MENU Sabtu, 25 Mei 2024

MotoGP Spanyol 2024 – Podium Fabio Quartararo Dibatalkan, Padahal Susah Payah Bertahan di Tengah Badai Crash Usai Start ke-23

waktu baca 4 menit
Sabtu, 27 Apr 2024 21:42 0 243 slainanatsyasiregar

Pembalap Monster Energy Yamaha, Fabio Quartararo harus menerima nasib malang setelah raihan podium pertamanya pada musim ini pada sesi Sprint MotoGP Spanyol 2024 resmi dibatalkan akibat penalti tekanan ban.

Paceklik podium sang juara dunia 2021 itu sejatinya telah jua pada seri keempat MotoGP 2024.

Secara hasil, Quartararo tadinya sukses merengkuh podium tiga pada balapan Sprint MotoGP Spanyol 2024 yang diadakan di Sirkuit Jerez, Spanyol, Sabtu (27/4/2024) malam WIB.

Keberhasilan pembalap asal Prancis yang baru saja beru tambah usia ke-25 tahun itu terbilang impresif.

Pasalnya, Quartararo start dari barisan buncit yakni posisi ke-23.

Start yang buruk itu diraih oleh Quartararo setelah sesi kualifikasinya terjadi bak malapetaka karena dia sama sekali tak bisa tampil kompetitif sepanjang sesi Q1 dan gagal lolos Q2.

Baca Juga: Hasil Practice MotoGP Spanyol 2024 – Maverick Vinales Masih Gacor, Francesco Bagnaia Tercepat usai Sempat Terbantu Buntuti Marc Marquez

Nasib serupa dialami rekan setimnya Alex Rins yang juga start tak jauh dari posisi tersebut, bahkan lebih buruk karena start dari posisi terakhir yaitu ke-25.

Seakan bakal jalani balapan penuh nestapa, pada akhirnya Quartararo berhasil melewati ujian besar sepanjang 12 lap pada sesi Sprint hari ini.

Perlahan tapi pasti, dirinya merangkak naik dan memperbaiki posisinya untuk terus maju ke depan.

Meski, tidak dapat dipungkiri bahwa keberhasilan Quartararo sampai bisa menembus 10 besar, lalu lima besar dan bahkan podium, ‘terbantu’ dengan badai crash yang terjadi sepanjang sesi Sprint.

Setidaknya ada 15 pembalap jagoan yang crash di sesi ini. Semua tidak lain diakibatkan karena kondisi lembab di Sirkuit Jerez setelah hujan yang mengguyur wilayah Andalusia sebelumnya.

Diawali crashnya Aleix Espargaro di tikungan 8 yang kemudian diikuti Jack Miller pada tikungan terakhir di lap yang sama.

Juara Dunia bertahan, Francesco Bagnaia pun tak luput dari apes setelah dia sempat ditubruk Brad Binder dan crash di tikungan 1.

Di tikungan 13, giliran Fabio Di Giannantonio yang merana. Satu pembalap pertamina Enduro VR46 yang tadinya start di lima besar, harus berakhir pilu tanpa poin.

Tersisa tiga lap, Alex Marquez juga ikut terseret dalam daftar pembalap malang hari ini ketika dia kehilangan kendali saat mempertahankan posisi tiga.

Diikuti Binder dan Enea Bastianini secara berurutan.

Berikutnya di sinilah drama terbesar terjadi setelah sang pemilik pole position, Marc Marquez juga alami crash di tikungan 9. Meski sempat berusaha melanjutkan balapan, Marquez cuma bisa finis di P7.

Satu lap kemudian, Maverick Vinales pun ikut apes cras di tikungan 5, juga karena kehilangan kendali area depan motor. Duo Aprilia merana nirpoin.

Di saat para pembalap-pembalap tersebut di atas berjatuhan, Fabio Quartararo menjadi satu dari sekian yang mampu mempertahankan ritme balapan dan menghindari titik-titik serpihan di sirkuit yang mungkin bisa meningkatkan risiko crash.

Dia berhasil melewatinya dan bertahan sampai 12 lap selesai dan sukses merebut tempat ketiga sekaligus memastikan podium pertama untuk Yamaha pada musim ini pada sesi Sprint.

Sayang seribu sayang, raihan podium Quartararo tersebut telah resmi dibatalkan meski dia sudah sempat menjalani sesi upacara seremonial dan diberikan medali perunggu.

Semua itu akibat tinjauan Steward MotoGP di akhir sesi yang ternyata mendapati adanya pelanggaran tekanan ban yang terlalu rendah pada motor Quartararo.

Quartararo dinilai memenuhi tekanan ban minimum sebesar 30% untuk sesi Sprint dan akibatnya mendapat penalti tambahan 8 detik.

Regulasi tekanan ban MotoGP 2024 mewajibkan setiap pembalap harus berada di atas 1,8 bar untuk 60% pada sesi Race dan 30% untuk sesi Sprint. 

Ironisnya, penalti itu membuat Quartararo tak hanya melorot satu posisi tetapi dua posisi.

Sedangkan posisi podium ketiga akhirnya diberikan pada Dani Pedrosa yang tadinya finis keempat, dan posisi keempat diberikan untuk Franco Morbidelli yang tadinya finis kelima.

BERIKUT HASIL SPRINT MOTOGP SPANYOL 2024 (USAI PENALTI QUARTARARO):

1. Jorge Martin (Prima Pramac) 19 menit 52,682 detik
2. Pedro Acosta (GASGAS Factory Tech3) +2,970 detik
3. Dani Pedrosa (KTM/wildcard) +7,102 
4. Franco Morbidelli (Prima Pramac) +8,481
5. Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha) +15,052*
6. Raul Fernandez (Trackhouse Aprilia) +15,882
7. Marc Marquez (Gresini) +18,131
8. Augusto Fernandez (GASGAS Factory Tech3) +18,278
9. Miguel Oliveira (Trackhouse Aprilia) +18,418
10. Joan Mir (Repsol Honda) +18,553
11. Takaaki Nakagmi (LCR Honda Idemitsu) +21,136
12. Johann Zarco (LCR Honda Castrol) +21,948
13. Fabio Di Giannantonio (Pertamina Enduro VR46) + 23,478
14. Jack Miller (Red Bull KTM) +37,901
15. Alex Rins (Monster Energy Yamaha) +62,288
16. Lorenzo Savadori (Aprilia/wildcard) +82,979
DNF Luca Marini (Repsol Honda)
DNF Stefan Bradl (Honda/wildcard)
DNF Maverick Vinales (Aprilia)
DNF Alex Marquez (Gresini)
DNF Brad Binder (Red Bull KTM)
DNF Enea Bastianini (Ducati Lenovo)
DNF Marco Bezzecchi (Pertamina Enduro VR46)
DNF Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo)
DNF Aleix Espargaro (Aprilia)

Sumber :

https://aytomontejicar.com/

https://hiberlincenter.com/

https://andersonshon.com/

slainanatsyasiregar

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

LAINNYA