MENU Selasa, 24 Jun 2025

Teknologi Rem CBS Motor Honda Pertama di Indonesia Ada di Tipe Ini, Begini Cara Kerjanya

waktu baca 2 menit
Senin, 9 Jun 2025 16:54 0 4 slainanatsyasiregar

LOGIN DELAPANTOTO – satu fitur keselamatan yang kini hampir menjadi standar di motor-motor matik Honda adalah CBS atau Combi Brake System. Teknologi ini dirancang untuk meningkatkan efisiensi pengereman, khususnya bagi pengendara pemula. Tapi, tahukah kamu motor Honda pertama di Indonesia yang mengadopsi teknologi ini?

Simak penjelasan lengkap tentang teknologi CBS, bagaimana cara kerjanya, dan motor Honda pertama yang memperkenalkannya di pasar Indonesia.


Apa Itu Rem CBS?

Combi Brake System (CBS) adalah sistem pengereman yang menggabungkan kerja rem depan dan rem belakang secara bersamaan, walau tuas yang digunakan hanya salah satu. Teknologi ini bertujuan untuk mendistribusikan daya pengereman lebih seimbang, sehingga motor lebih stabil dan jarak pengereman lebih pendek.


Cara Kerja Rem CBS

Pada motor dengan sistem CBS, ketika pengendara menarik tuas rem kiri (biasanya untuk roda belakang), sistem ini akan secara otomatis mengaktifkan rem depan dalam porsi tertentu melalui sistem penghubung mekanis atau hidrolik.

Dengan begitu:

  • Pengendara tidak perlu menarik kedua tuas rem secara bersamaan.
  • Resiko selip berkurang karena distribusi pengereman lebih merata.
  • Lebih aman saat melakukan pengereman mendadak.

Motor Honda Pertama di Indonesia yang Pakai CBS

Motor pertama Honda yang mengusung teknologi CBS di Indonesia adalah Honda Vario 110 CBS, yang diluncurkan pada tahun 2009.

Peluncuran ini menjadi langkah awal Honda dalam memperkenalkan fitur keselamatan aktif untuk pengguna skutik. Saat itu, Vario CBS menjadi pionir di kelasnya dan langsung mendapat respon positif karena kenyamanan dan keamanan yang meningkat saat pengereman.


Keunggulan Sistem CBS

  1. Meningkatkan stabilitas saat pengereman
  2. Mempermudah pengereman bagi pemula
  3. Meminimalisir resiko tergelincir
  4. Lebih efektif saat kondisi jalan licin atau menurun
  5. Tidak perlu menarik dua tuas rem secara bersamaan

CBS Bukan ABS, Apa Bedanya?

CBS dan ABS (Anti-lock Braking System) sering dianggap sama, padahal berbeda fungsi:

  • CBS menggabungkan rem depan dan belakang untuk efisiensi pengereman.
  • ABS mencegah roda terkunci saat pengereman mendadak.

Beberapa motor Honda kelas menengah hingga atas kini bahkan sudah menggabungkan kedua teknologi tersebut, seperti pada Honda PCX dan ADV series.


Penutup

Teknologi CBS yang pertama kali hadir lewat Honda Vario 110 kini telah menjadi fitur umum di sebagian besar skutik Honda. Inovasi ini menunjukkan komitmen pabrikan dalam meningkatkan keselamatan berkendara di Indonesia.

Bagi kamu pengguna motor matik, memahami cara kerja CBS akan membantumu mengoptimalkan pengereman dan menjaga keselamatan di jalan raya.

Sumber: lintasindonesai.co.id

slainanatsyasiregar

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

LAINNYA